Search

30.9.20

SEKOLAH IMAN

 

Pertanyaan paling umum yang kita sering temukan di kalangan ibu-ibu yang baru memiliki anak adalah: “Udah berapa bulan umurnya sekarang? Udah bisa apa aja?” Ya, walaupun fase pertumbuhan setiap bayi berbeda-beda, namun yang pasti, dari hari ke hari, fisik, kemampuan bicara, berpikir, dan berkata-kata mereka menjadi semakin baik dan sempurna seperti seharusnya.  Biasanya, dengan semangat yang menggebu-gebu,  ibu-ibu tersebut akan menceritakan pertumbuhan anak mereka masing-masing.

Bercermin pada diri sendiri, saya termenung ketika hati saya mengajukan pertanyaan yang sama: “Sudah berapa tahun jadi Kristen?  Sudah belajar apa saja?”  Pertanyaan ini membuat saya flash back apa saja yang sudah terjadi sejak saya lahir baru hingga saat ini.  Sudah 14 tahun berlalu.  Apa saja yang sudah saya pelajari?  Apakah saya bertumbuh layaknya seperti seorang remaja?

Yang paling berjasa dalam pertumbuhan rohani dan iman saya adalah komunitas di mana saya bertumbuh.  Saya mendapatkan banyak sekali pengajaran yang benar tentang kekristenan dan bukan itu saja, gereja menjadi sekolah iman saya.  Saya banyak belajar bukan saja tentang teori kekristenan, tapi gereja juga menjadi tempat praktek di mana karakter saya dibentuk bersama orang-orang di dalamnya.  Bagaimana dengan Saudara?  Sudahkah Saudara memiliki komunitas yang tepat untuk Saudara bertumbuh di dalam pengenalan akan Tuhan?  Sudahkah Saudara mengikuti setiap pengajaran yang disediakan sebagai fasilitas pertumbuhan rohani Saudara? Bersyukurlah untuk komunitas yang kita miliki, karena Tuhan memakai komunitas tersebut untuk mendidik dan mendewasakan kita.

 

GEREJA ADALAH SEKOLAH IMAN DI MANA KITA BELAJAR TEORI TENTANG KEKRISTENAN DAN JUGA TEMPAT PRAKTEK DI MANA KARAKTER KITA DIBENTUK

No comments:

Post a Comment