Search

30.9.20

MC CHURCH

 

Kolose 2:7 (TB)

Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

 

Belakangan ini, muncul sebuah fenomena bernama Mc Church, di mana gereja dianggap sebagai sebuah restoran cepat saji yang menyuguhkan berbagai macam menu pengajaran dan tata cara ibadah yang dikemas dengan menarik.  Dengan fenommena ini, jemaat yang hadir dapat berpindah-pindah gereja setiap minggunya tanpa ada ikatan komitmen untuk tertanam pada gereja tersebut.  Mereka sudah cukup puas bisa menunaikan kewajiban mingguan mereka mengikuti kebaktian selama kurang lebih dua jam dan mendengarkan kotbah.  Tidak ada yang memantau berapa kali mereka bolos mengikuti ibadah minggu, atau seberapa kudus hidup mereka dari hari ke hari.  Tidak ada yang mendorong mereka untuk tergabung dalam komsel dan kelas pengajaran, maupun terlibat dalam pelayanan.

 

Kita dipanggil sebagai bagian dari tubuh Kristus untuk saling melengkapi satu sama lain.  Dan setiap anggota tubuh Kristus harus bersekutu bersama secara terus menerus dalam sebuah komunitas gereja lokal.  Orang Kristen yang selalu berpindah-pindah gereja tidak akan mengalami pertumbuhan dalam imannya, sebagaimana sebuah tanaman yang tidak tertanam dengan baik pada sebuah media, ataupun yang tertanam namun sering dicabut dan dipindah-pindah terus menerus.  Pertumbuhan iman kita terjadi saat kita tertanam, bersekutu, dan berinteraksi secara terus menerus dengan sebuah komunitas.

 

Tidak ada satu pun gereja yang sempurna di dunia ini, karena gereja terdiri dari manusia yang juga tidak sempurna.  Namun, Tuhan tahu komunitas yang paling tepat untuk membangun iman kita sehingga rencanaNya dalam hidup kita bisa tergenapi, dan janji-janjiNya dapat kita nikmati sesuai kehendakNya. 

 

Pertumbuhan iman kita terjadi saat kita tertanam, bersekutu, dan berinteraksi secara terus menerus dengan sebuah komunitas.

No comments:

Post a Comment