Search

31.5.06

Hidup

Hidup memang pilihan, pilihan kita bagaimana menjalaninya. Namun dalam perjalanannya, terkadang kita bingung pilihan mana yang sebaiknya kita ambil. Kita tidak tahu akhirnya, itu yang membuat kita bingung. Semua kita pasti ingin pilihan yang kita ambil itu adalah pilihan yang tepat. Karena kita ingin pilihan yang kita ambil itu adalah alternatif pilihan yang paling baik dari semuanya.

Hhh…Hidup. Satu kata saja. Namun berarti banyak hal. Hidup ini Cuma satu kali. Jangan sampai kita menyesal tentang masa lalu. Bagaimanapun juga itu adalah hasil dari pilihan yang pernah kita ambil. Orang yang benar-benar menyadari bahwa hidup ini hanya satu kali, pasti akan memakai hidupnya dengan baik. Dia tidak akan menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada dan dia akan berhati-hati dalam setiap pilihan hidup yang akan dia ambil. Baginya, dia dapat tetap hidup dan meneruskan perjalanan hidupnya hari ini adalah sebuah anugrah dan kesempatan. Dia takkan membuang-buang waktunya untuk hal yang tidak berguna. (Tidak termasuk refreshing lho – karena refreshing itu juga berguna). Ada dua tipe orang yang berpola pikir seperti ini. Pertama adalah orang yang sangat berambisi dalam hidupnya. Seorang planner yang perfeksionis, dan seorang yang tahu benar prioritas hidupnya. Bahwa hidup ini tak boleh disia-siakan. Hidup ini harus menghasilkan sesuatu. Dan orang yang seperti ini cenderung seorang pekerja keras, sehingga dia lupa apa artinya menikmati hidup. Dia akan mengejar goal nya dengan caranya masing-masing, dan dia berambisi untuk itu. Sehingga dia tidak akan pernah bisa menikmati hidupnya dan apa yang dia lakukan. Tipe orang yang kedua adalah orang yang memang tahu bahwa hidupnya harus diisi dengan kegiatan yang berguna. Namun dia tetap tahu artinya menikmati hidup. Dia menjalani hidupnya dengan prioritas, namun dia tetap santai menjalaninya. Sehingga dia benar-benar menikmati apa yang dia lakukan. Dia tahu dalam perjalanan hidupnya, dia tidak perlu terus terpaku pada tujuan hidupnya. Namun sesekali dia akan berjalan santai dan melihat sekekelilingnya – tanpa melupakan prioritas hidupnya. Dia tahu hidup ini indah, jika dia menikmatinya.

Bagaimana pun juga, setiap orang memiliki pandangannya sendiri-sendiri tentang hidup. Sebagian orang memandang hidup sebagai sebuah perjuangan, ada pula yang menganggap hidup seperti sebuah roda yang terus berputar, atau hidup adalah sebuah script film yang sudah disutradarai oleh Tuhan, dan banyak lagi yang lain. Bagi saya, lain lagi. Bagi saya, hidup adalah anugrah yang telah Tuhan berikan. Anugrah itu adalah kehendak bebas dan pilihan untuk menjalaninya. Namun anugrah itu tetap harus saya pertanggungjawabkan kepadaNya. Saya lahir di dunia untuk menjalani hidup saya dengan sebaik-baiknya. Ketika saya kembali ke hadapanNya suatu hari nanti, saya akan mempertanggungjawabkan apa yang telah saya lakukan dengan hidup saya. Karena kehidupan saya milik Tuhan.

36 comments:

  1. hai ikke met kenal...
    gw ela...

    gw disini cuman mw nambahin kata2 dari seorang pemilik pondok pesantren:
    "berani hidup tak takut mati,
    takut mati jangan hidup,
    takut hidup mati saja"

    segitu dlu comment dr gw. kunjungi blog gw y, di: ngomongdonk.blogspot.com

    hope we can be a friend

    ReplyDelete
  2. Anonymous29.10.08

    hidup indah kalau kita bisa menikmatinya, yang bikin hidup kita jadi ga indah itu keinginan karena keinginan adalah sumber penderitaan. kita hidup mencari bahagis, harta dunia kendaraannya, bahan bakarnya budi pekerti, itulah nasihat para nabi.ingin bahagia tapi derita yg di dapat, harta dunia jadi penggoda membuat miskin jiwa kita. ada benarnya nasihat orang2 suci memberi itu terangkan hati. seperti matahari yang menyinari bumi.

    ReplyDelete
  3. hidup itu indah tapi sulit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. reza kurniawan15.1.12

      karena hidup lu,lu bikin sulit ..

      Delete
  4. Anonymous17.4.09

    Hidup bukan pilihan, tapi dalam hidup tersedia banyak pilihan dan manusia mempunyai hak untuk memilih pilihan itu!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  5. Anonymous28.4.09

    hidup...
    satu kata..

    seperti saat ini membuat hati dan pikiran gundah
    karena keinginan dan ambisi...

    oleh karena itu diturunkan kitab suci dari Yang Maha Kuasa,

    ReplyDelete
  6. terkadang kita sering menduga-duga arti kehidupan dengan rangkaian kata...entah itu indah, mengesankan, entah itu sulit, mengharukan....
    satu hal yang pasti, hidup tak selalu seperti yang kita duga....


    ...sebab hidup adalah rahasia-Nya

    ReplyDelete
  7. naning13.5.09

    Hidup adalah rencana-Nya. Maka sebagai orang beriman kita hendaknya berserah pada-Nya tanpa lupa berusaha melakukan hal2 positif untuk meraihnya. Hidup sebuah anugerah dari-Nya . Maka juga karena Rencana-Nya kita hidup.Mengucap syukur atas kehidupan saat ini adalah hal yang sanagat penting. Menjalani dengan suka cita menjadi kunci kebahagiaan dalam hidup.

    naning, magelang

    ReplyDelete
  8. hidup itu adalah memberi

    ReplyDelete
  9. bukan...
    bukan karena hidup sekali saja..
    tetapi bagaimana menanggapi hidup ini ..
    mensyukuri dan mempertanggung jawabkan hidup ini emang susah....
    bukan karena takut menyesal dan menghindar dari penyesalan tapi memahami dan mengerti arti hidup yang sesungguhnya...

    ReplyDelete
  10. Hidup untuk mati, mati untuk hidupnya hidup. Itulah pilihan kita untuk hidup sekarang. Manfaatkan hidup ini sebaik mungkin dan taati hukum Allah di dunia untuk menghadapi hidupnya hidup.

    ReplyDelete
  11. Anonymous2.7.09

    Hidup adalah anugerah buat yang mengerti.
    Hidup adalah neraka buat yang ga ngerti.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. trus gimana caranya biar hidup ga dihantui rasa bersalah and penyesalan???
    kasi solusinya iia pren....
    plizzz....

    ReplyDelete
  14. @gina.nasyacute: stiap manusia hny bs berencana dan melakukan yang terbaik atas hidupnya. Tapi sy percaya, Tuhan punya rencana yg terbaik atas hidup kita, karena Dia yang tau jalan hidup kita. Serahin hidup kita ke dlm tgnNya. Dan jalani hidup dengan bersyukur stiap waktu. Kalau kita melakukan kesalahan, jgn terpuruk dan putus asa. Ayo bangkit lagi, inget bahwa ketika matahari masih bersinar di pagi hari, itu artinya Tuhan blm selesai sama hidup kita. Jalani hari baru dengan halaman yg baru. Jgn terus2an liat masalalu yg penuh penyesalan. TApi liat ke dpn, krn masa dpn yg lbh baik ada di sana. =)

    ReplyDelete
  15. aku di hidupkan dan itu bukan pilihan...

    ReplyDelete
  16. sebenrnya hidup adalah pilihan tapi kita tidak pernah menyadainya kalau itu pilihan. nah sekarang tergantung kita bagaimana menjalani hidup ini dengan hal hal yg baik atau sebalik nya, karna segala tindakan yg kita lakukan pasti ada akibatnya ( baik atau buruk ) .

    ReplyDelete
  17. he3 nice post sist...

    hidup ya hidup...
    gitu aja...

    ReplyDelete
  18. Anonymous16.12.10

    hidup cman ada 2 varian sedih dan senang ! sempurna tidak masuk kategori....jadi terima aja,mank susah,tapi dgan adax susah maka itu akan ngajarkan kita untuk knal yang namanya arti "putus asa" n "berusaha" kamu tinggal pilih aja..

    ReplyDelete
  19. hidup adalah anugrah , kesempatan bagi yang dihidupkan . karna ada hidup ada juga mati .
    pasti ada makna di balik yang namanya hidup , seperti lampu hidup itu berarti nyala, terang menerangi kegelapan namun ada saklar on off nya yang mengoprasikannya adalah manusia udah serasa tuhan aja tu hidupin matiin lampu ,,

    ReplyDelete
  20. thanks nie... atas masukannya cukup masuk akal tpi tak seperti apa yg sedang kujalanie.....

    ReplyDelete
  21. Hidup adalah perjalanan menuju kesempurnaan......

    ReplyDelete
  22. www.rumahsongketaurora.com

    ReplyDelete
  23. hidup adalah masalah, stiap orang memiliki masalah dalam hidupnya.. yang terpenting adalah jangan menjadikan masalah itu sebagai beban tetapi jadikan masalah itu sebagai tantangan hidup..

    ReplyDelete
  24. hidup adalah untuk memilih atou tidak memiliki pilihan sama sekali..
    memanf benar,, masa lalu adalah hasil pilihan yang pernah kita ambil.

    ReplyDelete
  25. roshana4.12.11

    kalo mo hidup tidak perlu memilih, tidak perlu masa lalu, tidak perlu masa sekarang, tidak perlu segala-galanya hanya satu kalo mo hidup hanya perlu ... na..fas..

    ReplyDelete
  26. reza kurniawan15.1.12

    Hidup adalah untuk mewujudkan mimpi sendiri dan orang lain

    ReplyDelete
  27. Puitis banget puisinya menyentuh banget gan
    lam kenal gan follow back ya gan

    ReplyDelete
  28. keren keren... hidup tanpa mengeluh dan tanpa menyerah... life must go on seperti apapun itu...

    http://faycurios.com

    ReplyDelete
  29. hidup itu menyakitkan :(

    ReplyDelete
  30. Anonymous17.5.12

    apa tujuan aku di lahirkan,dan hidup sampai sekarang?

    ReplyDelete
  31. Anonymous20.9.12

    Hidup adalah anugerah yang Tuhan berikan,Kalau saya hidup sekarang ini adalah pemberianNya untuk satu tujuan kemuliaan Tuhan dalam rencanaNya baik di Dunia ini maupun di Sorga kelak. So menurutku hidup bukan miliku yang harus kupakai semaunya, atau cuek sehingga ga peduli sama yang memberi hidup itu, tapi harus tau bagaimana maunya Tuhan dalam hidupku ini, karena Dia adalah Tuhan yang memberi hidup sudah memberi contoh bagaimana hidup itu maka aku akan hidup seperti Dia pernah hidup seperti aku sekarang ini.

    ReplyDelete
  32. manusia tak kuasa menolak untuk tidak dilahirkan, tapi diberi akal untuk memikirkan betapa nikmatnya hidup ini meski harus penuh penderitaan :)

    ReplyDelete
  33. Hidup itu bagaikan emas, bisa bermakna namun bisa tanpa makna. Bicara soal emas ini tempatnya : www.mbemas.com

    ReplyDelete