Search

13.9.11

Hubungan Terasa Hambar, Jenuh, Flat....? Then u must read this!


repost dari kaskus: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10094017



mungkin temen² disini banyak yang sering seperti ini:
• Hubungan gue udah ga seharmonis dulu
• Ane mulai jenuh gan dengan pacar ane
• Gimana caranya supaya hubungan ga ngebosenin?
• [Ask] hubungan terasa hambar, pertahankan atau sudahi?


sebelum ke intinya,
ane mau cerita tentang pengalaman ane.

ane mulai pacaran pas kelas 3SMA. tahun ini ane jalan anniversary ke 4.
bulan² pertama, ane mesra nya minta ampun. di sekolah ketemu, ke kantin bareng... pokoknya bener² ky penganten baru deh.

lulus SMA. masuk ke univ yang berlainan.
awal² kuliah, masi beradaptasi dengan kesibukan perkuliahan yang jauh dibanding SMA.
otomatis frekuensi ketemu jadi berkurang. dan kebetulan ane ngekost, seminggu sekali pulang.
di kampus ane banyak cewe yang bisa dibilang seger² ky cendol...
begitu juga dengan pacar ane di kampusnya (ane tau lah secara univ terkenal gitu).

dan pada saat itu lah kita berdua merasa jenuh dengan hubungan kita.
ane merasa jenuh, begitu juga dengan pacar ane.

alasan fundamentalnya apa?
1. jarang ketemu
2. yaa ada lah saat² dimana ane tebar pesona... tapi ga tau dengan pacar ane tebar pesona juga ga...

tapi kok bisa bertahan sampe sekarang?
itu dia gan... ada suatu mind setting yang terpatri di pikiran ane.

mau tau apa yang terpatri di pikiran ane? makanya baca terus sampe abis..

sangat sederhana gan.

ane saat itu berpikiran bahwa:
ane mau konsisten dengan alasan ane jadian. yaitu untuk diseriusin.
ane ga mau pacaran dibuat 'Have Fun'
karena ane beranggapan: Pacaran itu Simulasi Hidup Berumah Tangga

terkait dengan cerita ane:
jadi ane memutuskan untuk berhenti berpikiran bahwa hubungan ane udah ga harmonis.
ane berusaha untuk setia, sayangi dia, tunjukkan rasa sayang itu, dan apa reaksi pacar ane?
dia juga berhenti berpikiran kalau hubungan kita udah terasa hambar.

in other words...
pacaran itu latian kesetiaan kita sebelum membina rumah tangga.
pacaran itu latian mengatasi konflik interpersonal dan intrapersonal.

jadi, kalau kita belum bisa mengatasi konflik dalam diri sendiri atau konflik dengan orang lain, jangan harap rumah tangga bisa bertahan lama.
jadi, kalau kita belum bisa setia dengan pacar, jangan harap rumah tangga bisa bertahan lama.

dan jadi...
kalau kita masih menjadi Pengecut yang tidak berani dan tidak bisa mengatasi masalah dengan pacar kita dan masih seenaknya bilang "Eloh... Gueh... End..."
jangan harap rumah tangga bisa bahagia.

jangan membiasakan suatu kebiasaan buruk.

kenapa ane bisa berpikiran seperti itu?
ini bukan suatu hal yang spontan lahir dari penalaran ane sendiri gan.

jadi, waktu itu ane sekolah ada pelajaran Sosiologi. dikasi tugas disuru cari berita tentang hubungan keluarga dan permasalahannya
ane cari lah di tabloid² nyokap ane. ane pilih berita tentang artis yang baru menikah, besoknya cerai.

dan ane menarik kesimpulan dari tugas ane itu:
"kalau belum bisa setia, jangan harap pernikahan bisa langgeng"

dan hal itu terus terpatri di benak ane.

lo sekarang gonta ganti pacar oke itu hak lo sebagai anak muda yang masi Have Fun.
tapi apa lo ga malu kalo nanti lo gonta ganti suami/istri?

seringkali kejadian seseorang diduai atau menduai pasangannya entah disengaja atau tidak.

disengaja, misalnya, memang pengen ganti² pacar.

tanpa disengaja, misalnya, merasa nyaman dengan orang lain karena sering cerita, curhat, minta pendapat, eh akhirnya demen...
sering lho ane ketemu kasus begini. ga usah jauh². di H2H sini juga banyak kasus bgitu
dan ane terus ikutin perkembangan kasus seperti itu, ternyata ujung²nya:
"Elooh... Gueh... End~"

itu semua bisa terjadi karena (salah satu alasannya) jenuh dengan pacar. betul ga? betul dong...
dan semua itu juga bisa terjadi karena kita selalu mikir "rumput tetangga lebih hijau"

tapi balik lagi aja deh agan² dan sista² semua... ane tetep memiliki mind-set
kalau ga bisa setia sama satu orang, ya ga usah merit
yaa... walaupun ane tau anak muda jaman sekarang masi Have Fun dan selalu mikir "ah gue merit masih lama..."

tapi inget gan n sist... yang namanya kebiasaan yang dianggap Enak itu sulit diubah. sulit dihilangkan.
contoh konkret aja deh. orang kebiasaan merokok, sulit untuk berhenti.
niat buat berhenti sih ada. tapi begitu ngeliat warung dikid aja langsung deh "bang... keteng 3"
ga jadi berhenti deh... tiba² mampus aja...

sama aja... kebiasaan 'hinggap' sana sini juga susah hilang...
apalagi kalau udah ketemu yang dianggep wuidiiih... ganteng... cantik... sexy...


Lalu bagaimana supaya Kita bisa berpikir dan meng-set mind kita seperti demikian?
dengan harapan kita tidak akan pernah merasakan kehambaran dalam hubungan.

ane ga akan bilang "makanya berpikiran seperti ane diatas".
pemikiran orang bisa beda². cara orang pun berbeda satu sama lain.
so.. ane cuma bisa kasi tips hal² apa saja yang bisa dengan mudah semua orang bisa lakukan.
jadi tips ini bersifat eksak. bukan abstrak. dan bersifat universal. bukan partikular.

1. Let it Flow... biarkan hubungan mu berjalan dengan apa adanya.
jangan menambahi aturan² yang tidak penting yang hanya membuat kamu/pasangan kamu merasa tidak nyaman.
akhirnya kamu jadi termakan oleh aturan kamu sendiri.
contohnya...
1. BBM harus cepat dibalas.
2. telponan 3x 1jam sehari
3. sebelum pergi, laporan dulu pergi kemana, sama siapa, pulang jam berapa.
4. dll

2. Ingat lah... bagaimana perasaan kamu saat kamu mengutarakan cinta kamu.
atau bagaimana perasaan kamu saat kamu menerima cinta dari pacar kamu.
senang dan berbunga² kan?
jangan jadi penebang pohon yang kamu tanam sendiri.
jangan menghancurkan perasaan yang kamu munculkan sendiri.
KECUALI kamu memang tidak beda dengan hewan yang suka kimpoi sana sini.

3. Komunikasi itu BUKAN hal terpenting dalam pacaran.
pasti sering denger: "pacaran yang penting adalah kepercayaan dan komunikasi"
tapi yang terpenting bukan itu. melainkan Kedewasaan.
bersikaplah dewasa. kamu bukan anak kecil yang maunya diajak main terus kan?
tunjukkan rasa sayang kamu dengan cara yang dewasa.

bokap ane dokter. kadang suka tugas piket di UGD. pergi malam, pulang pagi.
tapi nyokap ane ga pernah nyariin. tiap kali bokap mau pergi, nyokap ane cuma sediain kotak makan, baju ganti, sama kopi 1termos kecil. taro di tas, tasnya taro di mobil. slesai.
bokap kalo mao pergi cuma bilang "ma... pergi ya. kunci pintu."
nyokap jawab "ya... ati²."
udah. ga ada embel² apa² lagi.
ga ada tuh bilang "jangan lupa BBM yah... kalo lagi nganggur telpon..."
atau "nanti papih BBM dibales yang cepet ya..."

semakin sering berkomunikasi, semakin besar peluang suatu Konflik Muncul dalam komunikasi itu

4. Do not make any excuses to fulfill your selfishness.
Alasan dibuat untuk mendukung argumen yang bertanggung jawab.

"aku minta putus abisnya udah bosen sama hubungan kita..."
itu bukan argumen. tapi itu keegoisan.

instead of:

"hubungan kita membosankan karena kamu sama sekali ga perhatian lagi sama aku. gimana supaya tetep bisa bertahan nih?"
itu adalah alasan yang mendukung argumen. argumen yang baik adalah argumen yang bertanggung jawab.
argumen yang bertanggung jawab adalah argumen yang tidak 'lepas tangan'
melainkan mempertahankan status quo hingga mendapatkan solusi.

5. Bicarakan Masalah secara Dewasa.
berargumen lah yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan.
Bicaralah sesuai dengan permasalahan. jangan memunculkan masalah baru dalam pembicaraan itu.
Masalah muncul untuk dibicarakan dan diselesaikan.
BUKAN untuk dipendam, dikembangkan, dan kemudian dijadikan alasan penyebab kehambaran
terlebih dijadikan alasan untuk menyudahi hubungan.

6. Jangan sekali-kali mengatur hidup orang lain sekalipun itu pacar kamu.
kamu belum menjadi siapa-siapa.
jadi... jangan cari masalah yang kamu sendiri tidak inginkan

7. Biarkan pacar kamu menjalani rutinitas dan kepentingannya sehari-hari tanpa gangguan.
dia bukan Baby Sitter kamu yang harus 24jam stand by buat kamu,
kamu juga bukan Baby yang setiap saat ingin selalu ditemani, diajak main, digantiin diapers nya.
KECUALI kalau kamu memang mau dianggap seperti itu.

kalo ada tambahan dari agan², silahkan.

seperti biasa, sebelum mengakhiri thread ini ane ingin berbagi sebuat Quote sederhana:
"Love is Beautiful. but Love in Family, is not as beautiful as Mona Lisa"

13 comments:

  1. Wooow, sampe mangap baca artikel ini, 1000% persis seperti yang aku alami..artikel ini Gw banget..hehe. Menggambarkan pemikiranku slama ini, dan termuat semua dalam artikel ini. Setuju banget Sob. Aku tahu pasti penulisnya ini punya IQ di atas rata-rata. Soalnya orang pinter yg IQ tinggi biasanya tipe orang setia. :P bener2 pemikiran yang dewasa ya. Salut.

    ReplyDelete
  2. perkataan anda benar,,,,,,saya masih susah mempraktekkannya,,,,,,,,,,,,hiks,

    ReplyDelete
  3. Gmana kalo LDR gan..? Ane susah pcya dy lg.. cz dy udh maen api dluan. Alesanya ya itu.. jenuh..

    ReplyDelete
  4. Anonymous26.7.13

    Hmmmm,,jadi bersikap dewasa itu yg terpenting ya....

    ReplyDelete
  5. Anonymous4.10.14

    Tapi gimana saat semua telah dilakukan tp perasaan ini tetap hambar dan membosankan?

    ReplyDelete
  6. Walaupun teori tidak semudah mempraktekannnya, tapi ane salut sama yg bikin artikel ini pemikirannya sangat2 bijak :)

    ijin copas gan

    ReplyDelete
  7. Bagus artikelnya :)

    ReplyDelete
  8. Anonymous12.4.15

    Ane pingin ngasik tauin ini ke dia gan
    Tapi ane tkut dia kesinggung
    gimana cara ngasik taunya biar dia nggk ksinggung?

    ReplyDelete
  9. Terinspirasi sekali. Ternyata saia salah #merasa besalah sama pacr

    ReplyDelete
  10. bagus banget artikelnya. mulai ngerasa hambar padahal belum setahun. tp insyallah tipsnya mau dipraktekin pelan2. thanks gan

    ReplyDelete
  11. Hi, kisahnya sama kaya kisah saya gan. Tapi masalahnya pacar saya itu uda berkali kali selingkuh dan boong. Tp saya selalu coba percaya kalau dia kan berubah tapi diulang terus. Dan sekarang saya bener bener lagi bosen banget gan dan saya gak tau janji pacar saya kali ini bener apa engga dan diulangi lagi apa engga. Saya harus gimana ya gan kalau seperti ini

    ReplyDelete
  12. Makasih kaka, akhirnya dapet solusi buat hubungan gua yg mulai membosankan ini😅😆

    ReplyDelete