Search

20.6.20

ANJING HITAM ATAU PUTIH?


Bahan bacaan: Matius 26:41
Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.


Di dunia ini, ada orang-orang yang terlahir dengan kemampuan otak yang biasa-biasa saja, namun karena ia mau berusaha dan belajar dengan giat dan rajin, tak sedikit dari mereka yang dapat menjadi lebih sukses dari orang-orang yang terlahir dengan IQ yang tinggi.  Baik secara materi, jabatan di pekerjaan, status sosial, dan aspek hidup lainnya.

Sama seperti pertanyaan: manakah yang lebih kuat? Anjing hitam atau putih?  Bukan perkara warna, jenis atau golongan mereka, tapi perkara mana yang makan lebih banyak dan berlatih lebih banyak.  Demikian juga kehidupan kita.   Manakah yang lebih kuat? Roh atau daging?  Manakah yang kita beri makan lebih banyak?  Keinginan kita? Atau keinginan Tuhan?

Saat awal Tuhan menciptakan kita, kita diciptakan sebagai makhluk yang serupa dengan gambaranNya sendiri.  Itu artinya, kita memiliki roh yang sama seperti yang Tuhan miliki.  Ia juga ingin agar kehidupan kita sesuai dengan apa yang sudah Tuhan tetapkan atas kita.  Oleh karena itu kita perlu senantiasa bersekutu dengan Tuhan dan mengenal kehendakNya sehingga rohNya menjadi semakin nyata atas kita.  Semakin kita memperkuat roh kita, sebaliknya kedagingan kita akan menjadi mati dan kita akan mengutamakan keinginan Tuhan yang terjadi atas hidup kita.


Manakah yang lebih kuat? Roh atau daging?  Manakah yang kita beri makan lebih banyak?  Keinginan kita? Atau keinginan Tuhan?


No comments:

Post a Comment