Search

23.1.18

NAIK KELAS



Ef 4:13  sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Anak saya yang berumur hampir dua tahun sedang senang-senangnya mengeksplorasi segala hal di sekitarnya.  Mulai dari membuka semua laci dan lemari di rumah, lalu mengeluarkan semua isinya keluar, kemudian mengambil barang-barang yang ia anggap menarik untuk dimainkan dan di-explore.  Hasilnya, rumah saya menjadi selalu terlihat berantakan dan barang-barang seringkali berada di tempat yang tidak seharusnya.  Terlebih lagi jika ia saya tinggal makan sendiri.  Ia seringkali menumpahkan makanannya ke meja makan lalu mengacak-acak makanannya hingga berceceran ke meja, kursi, dan lantai.  Jika saya sedang menyapu, sampah yang sudah saya kumpulkan di pengki kadang ditumpahkan lagi ke lantai yang sudah saya sapu.  Atau jika ia berhasil menemukan pensil warna atau bolpen, ia dengan gembira menggoreskannya ke sofa atau tembok putih rumah kami. 
Namun walaupun begitu, saya bisa memakluminya karena ia masih anak-anak.  Akan sangat membuang waktu dan tenaga saya jika saya memarahinya.  Ia belum mengerti.  Diberikan pengertianpun baru bisa yang sederhana saja, karena ia belum dewasa dan mengerti konsekuensi perbuatannya.  Tapi, seiring dengan pertumbuhannya nanti, saya percaya bahwa ia akan memiliki pemikiran, pandangan, dan kemampuan untuk mengetahui yang baik dan tidak baik.
Seperti halnya kedewasaan jasmani, kedewasaan rohani juga tidak kita dapatkan secara instan namun lewat proses yang teruji oleh waktu.  Lewat setiap kejadian dan masalah, Tuhan mengajarkan kita memiliki nilai dan karakter yang serupa denganNya sehingga pada akhirnya kita menjadi mencapai tingkat kedewasaan yang penuh dan sesuai dengan kehendakNya.
Oleh karena itu sahabat, jangan pernah menolak proses Tuhan dalam hidup kita.  Karena itulah yang membuat kita “naik kelas”, bertumbuh hari lepas hari untuk menjadi semakin dewasa di dalam hidup kita.  Miliki respon yang benar dan sikap yang rendah hati dan selalu mau diajar setiap hari.

No comments:

Post a Comment