Search

23.1.18

KRISTEN ZOMBIE



“Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.  Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN." Yehezkiel 37:12 & 14

Pernah lihat zombie?  Saya juga belum pernah lihat sih, kecuali di film-film.  Zombie identik dengan manusia yang sudah tercemar suatu virus mematikan sehingga merusakan jaringan sel darah dalam manusia tersebut dan membuat mereka seperti orang “mati” yang berjalan sempoyongan tanpa kesadaran dan arah tujuan mencari mangsa yaitu manusia yang belum terinfeksi virus tersebut, untuk dapat ia makan dan ambil darahnya.
Saya tidak tahu apakah zombie itu memang benar-benar ada atau hanya khayalan para pembuat film-film Holywood saja.  Yang jelas, hidup seorang zombie tidak lagi berguna atau sia-sia saja.  tidak adanya kesadaran dirinya membuat mereka kehilangan jati diri dan juga tujuan dalam hidup mereka.  Secara fisik mereka memang masih “hidup”, tapi secara fungsional kerja otaknya sudah “mati”.
Saya kaget sekali ketika mendapat informasi tentang sebuah survey yang mengatakan bahwa hanya sekitar 30% orang Kristen yang membaca Alkitabnya rutin setiap hari.  Jika lewat firman dan doa Tuhan berbicara (dan bahkan Ia menyebut Firman ialah Allah sendiri), bagaimana kita dapat mengenal dan mengalami pribadiNya hari lepas hari?
Pada akhirnya kita hanya menjadi Kristen zombie yang asal “hidup” sebagai orang Kristen namun kita kehilangan pengharapan dan kekuatan di dalam Yesus.  Lama kelamaan kita akan merasa lelah, karena kita memakai kekuatan kita sendiri menghadapi setiap masalah dan proses hidup yang diizinkan terjadi di dalam diri kita.
Salah satu kunci dari breakthrough adalah menghidupkan kembali “nafas hidup” dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu kehidupan doa dan firman.  Dari sinilah Tuhan akan memberikan kembali kehidupan yang baru bagi kita yang selama ini tinggal dan terjebak pada rutinitas kegiatan sehari-hari tanpa kekuatan dan pengharapan dari Tuhan. 
                Sahabat, jangan mau jadi Kristen Zombie.  Karena kita seharusnya memiliki kekuatan dan pengharapan yang senantiasa diperbaharui dalam Tuhan.  Kita harus menjadi semakin kuat, bukan semakin lemah.  Minta kekuatan dan pengharapan yang baru, mari bangun lagi kehidupan doa dan firman yang senantiasa melekat kepada Tuhan.

No comments:

Post a Comment