Search

12.1.09

MENDISIPLINKAN DIRI

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” (Mrk 1:35) Sejak umur 8 tahun, saya menjadi anggota sebuah klub renang yang cukup ternama di kota Bandung pada saat itu. Pada awal saya masuk klub tersebut, saya kagum dengan kemampuan kakak-kakak satu klub yang sudah berada di level atas. Mereka dapat berenang sangat cepat, dengan teknik yang benar, dan mengikuti berbagai pertandingan kelas nasional serta meraih beberapa meladi emas. Seiring dengan berjalannya waktu, saya pun naik ke level yang lebih tinggi. Beberapa kali saya diajak mengikuti pertandingan kelas provinsi untuk mewakili klub maupun sekolah saya. Jika musim pertandingan datang, saya harus memersiapkan diri dengan lebih giat lagi. Saya harus menjaga kondisi badan saya, saya juga harus mengikuti latihan fisik dan renang lebih sering lagi. Bahkan tak jarang, jam 5 pagi saya harus sudah berada di kolam renang untuk berlatih. Saat itu saya menyadari, ternyata untuk menjadi seperti kakak-kakak satu klub yang saya kagumi, butuh perjuangan yang harus dilakukan. Ada harga dan pengorbanan lebih yang harus dibayar untuk menjadi seperti mereka dan memenangkan pertandingan. Dan yang terpenting dari semua itu, mereka bisa meraih meladi emas karena mereka telah mendisiplinkan diri untuk latihan secara rutin. Seorang Hamba Tuhan bisa dipakai luar biasa karena ia telah mendisiplinkan dirinya setiap hari untuk bersekutu dengan Allah dalam doa dan firman. Taat kehendak Tuhan saja tidak bisa menghasilkan hidup yang berkemenangan bila tidak diiringi oleh disiplin yang tinggi. Yesus juga mendisiplinkan dirinya berdoa saat pagi hari buta. Sebelum memilih dan menetapkan murid-muridnya, Ia juga berdoa semalaman agar keputusan yang diambil sesuai kehendak Bapa. Sahabat NK, mari kita lakukan kembali sikap disiplin rohani kita yang mungkin mulai memudar hari-hari ini. Karena tanpa sebuah disiplin, hidup kita tidak akan berkemenangan. [JN] TAAT KEHENDAK TUHAN + DISIPLIN ROHANI = HIDUP BERKEMENANGAN

1 comment:

  1. Anonymous26.12.10

    kalau yesus bangun semalam suntuk untuk berdoa, dan bangun pagi hari di saat fajar/ pagi2 sekali. Al hamdulillah jelas sudah bahwa yesus itu sedang melakukan shalat tahjud(dimalam hari) dan shalat subuh (di pagi hari) dan itu menunjukkan bahwa yesus adalah seorang muslim dan juga seorang nabi yang berdoa dan memohon kepada tuhan semesta alam, tuham sy dan kita semu. amin ya rabbal 'aalamiin....

    ReplyDelete