Search

28.12.15

Not Mine But Yours

“demikian pun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku.  Karena bagiku hidup adalah (untuk) Kristus”
Filipi 1:20b-21a


Saya memulai doa puasa saya sejak saya duduk di bangku sekolah dasar.  Namun lucunya, doa puasa pertama saya adalah supaya Mama mau membelikan saya mainan.  Pemikiran saya saat itu simple, dengan doa puasa, saya meminta Tuhan menggerakkan hati Mama untuk membelikan saya mainan yang saya idam-idamkan.  Dan di akhir doa puasa saya, saya menjadi marah dan kecewa karena Mama tetap tidak membelikan saya mainan tersebut.  Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan kerohanian saya, saya belajar bahwa doa puasa bukanlah untuk memaksa Tuhan mengabulkan kehendak kita.  Namun mencari wajah Tuhan lebih lagi supaya kita bisa melakukan dan mengambil langkah yang benar dan sesuai dengan kehendakNya.
Sebelum kita memulai doa puasa kita, kita perlu mengerti benar bahwa doa puasa bukan sekedar menunda rasa lapar kita untuk tidak makan dan minum, terlebih dari itu adalah menahan segala hawa nafsu dan keinginan daging kita dan memilih untuk taat pada kehendak Tuhan dalam hidup kita.  Doa puasa bukan untuk kepentingan pribadi kita, namun demi kemuliaan dan rencana Tuhan tergenapi dalam hidup kita.
Doa puasa mungkin tidak mengubah keadaan menjadi seperti apa yang kita inginkan, namun satu hal yang pasti, doa puasa akan mengubah sikap hati dan ketaatan kita kepada Tuhan.  Lewat doa puasa, kita berusaha mencari kehadiran Tuhan lebih lagi.  Kita mengerti bahwa kehidupan kita bukan milik kita sepenuhnya, dan kita menyatakan bahwa Tuhanlah yang berdaulat atas kehidupan kita.  Dalam doa puasa, kita berusaha mengenal Dia lewat hadirat dan kuasa firmanNya, sehingga kita bertumbuh semakin dalam dalam pengertian yang benar tentang Dia.  Kita percaya, jika pada akhirnya kehendak Tuhan bertolak belakang dengan kehendak kita, kehendak Tuhanlah yang sempurna dan akan membuat hidup kita maksimal.  Asal kita mau taat dan dipakai Tuhan untuk menjadi alat kemuliaanNya.

No comments:

Post a Comment