Search

10.3.11

Love, First.

“Sekalipun aku mempunyai karunia (roh)…., tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.”
1 Kor 13: 2

Dalam tim kerja saya di kantor, dapat ditemukan berbagai macam tipe orang yang berbeda-beda. Ada yang bertempramen keras, ada yang berkemampuan sosialisasi cukup tinggi, ada yang memiliki kemampuan negosiasi cukup baik, ada pula yang sangat fokus dengan apa yang dikerjakannya. Seringkali terjadi perbedaan pendapat di antara kami karena perbedaan dan kekurangan yang kami miliki. Namun ketika kami belajar menerima dan mengasihi keberadaan tim kami dengan segala kekurangannya, kami saling melengkapi sehingga kami bisa menyelasaikan setiap project yang kami tangani.

Dalam suratnya kepada jemaat Korintus, Paulus pun memberikan ilustrasi yang hampir serupa mengenai karunia Roh yang berbeda-beda. Tidak ada satupun yang dapat menganggap yang lain lebih penting atau kurang penting dari dirinya, karena mereka saling melengkapi.

Jika kita perhatikan pasal 12, Paulus memberikan ilustrasi dan menyebutkan macam-macam karunia yang ada. Sementara di pasal 13, Paulus sengaja “menyelipkan” nilai-nilai tentang kasih di antaranya, baru kemudian di pasal 14 berjudul, “Sekali lagi tentang karunia Roh”. Satu hal yang dapat kita pelajari di sini adalah, karunia Roh adalah karunia yang Tuhan berikan (berbeda-beda) kepada setiap orang yang ditujukan untuk membangun jemaat (14:4). Jadi karunia Roh bukanlah untuk kepentingan dan kehebatan kita sendiri, tapi untuk memperlengkapi kita melayani orang lain. Jadi untuk memperoleh karunia Roh, di mana dengan kata lain untuk melayani orang lain dengan karunia Roh kita, kita pertama-tama haruslah memiliki belas KASIHan terhadap orang lain. (13:1) Apa akibatnya jika kita tidak memiliki kasih dalam hati kita? Akhirnya karunia Roh itu hanyalah kita gunakan untuk kepentingan kita sendiri , menganggap karunia yang kita miliki lebih “hebat” dari orang lain, dan kita tidak menganggap karunia tersebut sebagai pemberian Tuhan yang istimewa, di mana ada tanggung jawab kita kepada Tuhan di dalamnya. Jadi, bagaimana cara untuk mengobarkan karunia Roh dalam hidup kita? Tidaklah lain adalah dengan terus mengobarkan kasih dalam hati kita, seperti yang tercatat dalam 1Kor 14:4-8.

No comments:

Post a Comment