Search

15.11.10

Kacamata Kuda

Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Yohanes 4:24


 

Dulu saya tidak mengerti, mengapa kuda tunggangan yang saya sering tumpangi waktu kecil saat berwisata di salah satu daerah di Bandung semua memaki suatu sekat dari kain yang menutupi matanya. Orang-orang menyebutnya kacamata kuda. Untuk apa kacamata itu dipakaikan kepada kuda tersebut? Bukankah akan membatasi si kuda saat berjalan dan dengan kacamata itu? Dia tidak dapat melihat ke kanan dan ke kiri, bagaimana kalau saat ia berjalan, ia bertabrakan dengan kuda lainnya yang sedang melintas?

Setelah semakin besar, saya semakin mengerti, apa fungsinya kacamata itu. Dan apa fungsi si kusir yang mengendalikan kuda tersebut. Tanpa kacamata itu, kusir akan sulit mengendalikan kuda tersebut, karena pandangannya tidak berfokus pada satu arah.

Pada hakikatnya, kita adalah makhluk roh yang diam di dalam tubuh, dan memiliki jiwa. Sama seperti Tuhan yang adalah roh, Ia menghendaki kita untuk kita bersekutu senantiasa dalam roh dan kebenaran. Salah satu caranya adalah hidup dalam pujian dan penyembahan setiap hari.

Pujian dan penyembahan, sekali lagi bukanlah sekedar lagu yang kita nyanyikan, namun gaya hidup untuk bersekutu dalam roh setiap hari. Gaya hidup pujian dan penyembahan membuat kehidupan kita senantiasa berfokus pada Kristus.

Ketika hidup kita berfokus pada Kristus, Tuhanlah yang menjadi "kusir" dan mengendalikan seluruh kehidupan kita. Gaya hidup yang senantiasa bersekutu dalam roh menjadi "kacamata kuda" kita untuk tetap berfokus pada satu tujuan, yaitu rancangan yang telah Tuhan rancangan dalam hidup kita. Dan kita tidak perlu lagi kuatir akan apapun yang terjadi dalam hidup kita, sebab Sang Kusir Agung yang akan menuntun kita berjalan ke arah yang telah Dia rancangkan untuk hidup kita.

1 comment:

  1. Anonymous8.9.12

    teruslah menulis,dng memberitakan tentang kasih dan kebaikan Tuhan , tanpa henti, sampai nafas kehidupan kita yg terakhir. Bless you!

    ReplyDelete