Search

18.6.10

Mengenang Masa Lalu

Terkadang, kita emang ga pernah bisa nyangka apa yang akan terjadi hari ini dan besok... Waktu kita berjalan dan melangkah, terkadang kita terlalu terburu-buru.. Tak sempat melihat indahnya bunga di sebelah kiri dan kanan kita.. kita hanya selalu melihat ke depan.. Padahal di depan ternyata berujung pada jalan yang buntu... Pada saat itu, kita hanya bisa menyesal dan melihat ke belakang..

Masa lalu memang sudah terjadi dan tak pernah bisa kita perbaiki. Ini membuat aku belajar betapa berharganya sebuah keputusan.. Keputusan yang kuambil hari ini akan menentukan apakah aku akan bersyukur atau menyesal atas tindakan yang kubuuat.

Masa lalu hanya bisa dikenang.. entah itu masa lalu yang indah atau masa lalu yang mengharu biru.. Seseorang pernah memberi tahu saya, jangan pernah menyesal dengan keputusan yang kita buat.. Ya, mungkin benar juga.. Walaupun mungkin keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang salah, setidaknya kita belajar sesuatu..

Sering terpikir di benakku, seandainya aku dapat berbalik dan mengejar masa lalu itu.. seandainya dapat kuperbaiki sehingga menjadi lebih indah... Tapi.... jika aku berbalik dan menuju masa itu... aku akan kehilangan sesuatu yang terbaik, yang telah kulihat di depanku.. dia akan menjauh dan akhirnya menghilang..

Bagaimana pun dalam kesalahanku, aku banyak belajar tentang kehidupan. Dan aku tak perlu menyesal.. Sebaliknya, seharusnya aku bersyukur dan tersenyum mengenang masa lalu.. Meskipun dengan begitu, tak ada kenyataan yang berubah menjadi lebih baik. Tapi ada satu hal yang berubah: pola pikirku tentang hidup.

Yah... proses kehidupan memang menjadikan kita lebih dewasa.. apapun yang terjadi dalam hidup ini, harus disikapi dengan bijaksana.. lihat saja sisi positifnya.. pasti selalu ada.. ^^

No comments:

Post a Comment