Search

31.5.06

I Will Survive

By ika 28.10.2004

Tau ga sih ikan yang paling survive dalam menghadapi hidupnya? Pasti pernah denger kan sama yang namanya ikan salmon? Yang katanya enak banget itu lho…. Hehehe… Aku salut banget lho sama ikan yang satu ini. Pasalnya, ikan ini lahir di hulu sungai. Begitu lahir, ikan ini turun ke laut bebas dan menikmati masa anak-anak sampai dewasanya di laut bebas. Pada waktu ia ingin bertelur ia akan berenang beratus-ratus mil kembali ke tempat lahirnya di hulu sungai. Tentu saja si salmon ini harus menghadapi berbagai macam tantangan untuk sampai ke hulu sungai. Dia harus meninggalkan ‘kenyamanan’nya di laut bebas dan kembali ke hulu sungai. Dia juga harus berenang melawan arus air dan melompat tinggi supaya dia dapat naik ke hulu sungai. Belom lagi batu-batuan yang keras yang menghalangi dia untuk melompat. Belom sampe di situ lho…Ada manusia, beruang, atau buaya yang siap memangsanya setiap saat.

Tapi…di sini lho salutnya…. Ikan salmon akan berjuang mati-matian untuk melawan keinginannya untuk menyerah karena ia memiliki visi bereproduksi. Setelah selesai bertelur, ia pun mati dan membiarkan tubuhnya menjadi makanan bagi anak-anaknya. Karena ia tau, ketika anak-anaknya lahir, mereka perlu makan.

Nah….jujur deh sekarang….kalo kamu yang jadi salmonnya….kuat ga sih kamu naik dari laut bebas ke hulu sungai dengan tantangan sebanyak itu? wuah….pikir-pikir dulu kali jawabannya. Mendingan jadi manusia aja kali…hehehe…

Manusia juga punya tantangannya sendiri koq… masalah studi, hubungan ma ortu, temen2, or bahkan ma Tuhan… kadang masalah emang bikin qta stress. Kata 1 kor 10:13, sebenernya masalah yang kamu hadapi itu ga lebih berat dari yang bisa kita pikul. Pernah mikir ga sih kalo semua masalah yang terjadi dalam hidupmu itu Tuhan ijinin terjadi koq… Kalo emang Tuhan yang ijinin masalah yang sedang kamu alamin itu terjadi, ya percaya aja kalo Tuhan udah persiapin jalan keluarnya. Tinggal tunggu waktunya Tuhan aja koq. Masalahnya sekarang Cuma kamunya nurut ma path nya Tuhan ngga…

Apa sih tujuannya? Ya, Tuhan mo ajar kamu… buka deh Mazmur 32:8 Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu. Tuhan sedang nyatakan visiNya lewat masalahmu. Jadi lewat masalah-lah kamu dibentuk n diproses Tuhan.

Yakobus 1:12
Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Alkitab bilang, orang yang paling happy hidupnya adalah orang yang bertahan dalam masalah. So, masalah emang harus ada koq.

Sebelum kamu menyerah, pikir-pikir lagi deh. Ternyata orang yang menyerah itu udah kehilangan kebahagiaan kekal, ia hanya menerima kelegaan sementara. Jadi, jangan pernah menyerah!! Meskipun mungkin masalah yang kamu hadepin kayanya udah ga ada harepan lagi, tetaplah survive seperti ikan salmon. Karena kamu tau kalo Tuhan lagi nyatain visiNya lewat batu-batu masalahmu. Ok? = )

Boeat didiskusiin neh…
Tantangan or masalah terbesar apa yang pernah or sedang kamu alami?
Pernah ngga kamu menyerah karena ngga kuat lagi menanggung sesuatu?
Dalam hal apa aja biasanya orang-orang muda kaya kita menyerah?

Komitmen minggu ini: Survive like salmon!! Got the spirit from Jesus!

1 comment:

  1. thanks mas broo masuk diakal lah......
    sanagt membantu aku yg lagiu nyari jati diri mohon bimbinganya ya........

    ReplyDelete