Search

13.5.10

Be The Inspirator

1 Timotius 4:12
Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

Ayat di atas mungkin uda boseeeen bgt kita denger klo bicara ttg anak muda. Ya, jadi dampak, jadi teladan… BUT, do you well understand how to be that?

Seringkali kita hanya dikasi tau bhw kita hrs jadi teladan di mana pun kita berada, tanpa kita mengerti benar, gmn caranya. Well, sebenernya byk tokoh anak-anak muda di Alkitab yg bisa kita pelajari dr mereka loh.. Yosua, dengan kepemimpinan dan kewibawaannya dipilih Allah utk membawa seluruh generasi Israel (dari anak-anak sampe orang tua) ke tanah perjanjian. Yusuf, dengan integritas dan karakternya mampu mengambil hati Firaun utk menjadi orang kepercayaannya. Daniel, dengan pengetahuannya yang melebihi orang paling pintar di negaranya, mampu mengartikan berbagai mimpi Raja. Let’s learn one by one…

Good Character
Apa aja sih yg mmbuat anak muda mampu bisa diperhitungkan dan ga dianggep remeh sama orang-orang? Karakter. Ya, ini kunci paling penting utk membuktikan bahwa kita beda dengan kebanyakan anak muda. Kita segambar dan serupa Tuhan. Artinya, ada DNA nya Tuhan dalam hidup kita. Itu yang membuat kita beda. Dan dunia melihat itu loh.. Apakah kamu adalah seorang yang dapat dipercaya di kuliahmu, di tempat kerjamu, dan di keluargamu?, apakah kamu seorang yang punya integritas, prinsip firTu yang benar, dan stand alone terhadap prinsip tsb? Apakah kamu seorang rendah hati yang mau terima kritik dengan respon yang benar? Apakah kamu seorang yang mau belajar dari kesalahan dan punya fighting spirit yang besar utk mencapai mimpimu? Frenz, percayalah, orang ga liat kesibukan dan seberapa terkenal kita di gereja loh… Dunia melihat hidupmu! So, ayo terus belajar untuk semakin serupa sama Tuhan.

Good Knowledge
Orang yang ga kenal Tuhan aja tau, bahwa orang-orang yang punya pengetahuan yang lebih itu diperhitungkan dan dipandang oleh dunia. So, jangan anggep enteng sekolah n kuliahmu, guyz! Kita menjalani “rutinitas” studi kita setiap hari, itu bukan Cuma buat bikin Papa Mama seneng doang, ato nyari nilai setinggi2nya. No! Kalo kita mu jadi org yg berdampak dan diperhitungkan dunia, kita harus “lebih” dari mereka. So, do the BEST with your study!

Think BIG, dream BIG!
Kekuatan orang muda adalah semangatnya. Iya ga? Tapi semuanya percuma aja kalo kita ga bergerak dan melakukan apa2. Ayo belajar berpikir besar dan bermimpi besar. Ciri orang yg berpikir besar adalah bahwa ia uda ga mentingin lagi dirinya sendiri terus. Ia berpikir tentang apa yang bisa ia lakukan utk dunia dan lingkungan sekitarnya, apa yang menjadi kerinduan Tuhan utk ia lakukan dalam hidupnya. So, come on, use your spirit to do something BIG, based on God’s purpose in your life. Inget, passion yang besar tanpa tau tujuan yang benar adalah seperti orang yang berlari sekencang-kencangnya tanpa tau di mana garis finish nya.

No comments:

Post a Comment